2016年5月14日 星期六

素食旅遊必備資訊(印尼文版)出國吃素再也沒煩惱∼歡迎轉發,功德無量


吃素有功 放生有德
你有旅遊時,因飲食無法提供「素食服務」或「吃到肉」的困擾嗎?
 不論你什麼原因吃素,大乘定香精舍 整理這份素食旅遊必備資訊,並翻譯成多國語言,以方便你旅遊前讓食宿的飯店、旅行社、餐廳、航空公司、或是你的導遊,讓他們了解你素食的需求,既是自利也是利他,讓後來的素食者也有素食可以吃。
 以下除「繁體中文」之素食說明外,更翻譯成英、法、日、簡体中文等語言,其他國語言持續增列中......
素食者旅遊必備資訊~

  

下載多國語言素食說明PDF

(印尼文版)


Info Penting bagi Wisatawan Vegetarian

Vegetarian adalah trend global, perkembangan era baru, semakin banyak orang bervegetarian karena faktor yang berbeda, ada sebagian yang karena faktor agama, ada lagi demi kesehatan, demi perlindungan lingkungan mengurangi karbon, demi menghormati kehidupan…, banyak orang mengubah kebiasaan pola makan, mulai bervegetarian. Oleh karena itu semua pengusaha hotel, motel seluruh dunia selain berusaha keras dalam menyediakan layanan akomodasi kelas tinggi, lebih lagi tidak bisa mengabaikan kebutuhan pelanggan vegetarian, lebih harus menghormati layanan makanan vegetarian.

Karena populasi vegetarian semakin awam, makanan vegetarian semakin beragam, demi memenuhi kebutuhan pelanggan dan secara keseluruhan meningkatkan kualitas layanan, terhadap pemahaman dan penyediaan isi menu makanan vegetarian, seharusnya menjadi sesuatu yang harus dimiliki pengusaha layanan hotel, motel, dan jenis menu vegetarian yang disediakan juga harus secara jelas memberitahu dan diberi label:
1.”Vegetarian/vegan”:
Maksudnya adalah produk makanan nabati murni dengan bahan yang tidak mengandung hewan dan seafood, tidak mengandung susu, telur, juga tidak mengandung lima alium (daun bawang, bawang putih, bawang prei, bawang merah dan bawang bombai), juga disebut sebagai Buddhist vegetarian. Terhadap tokoh agama, meditator, juga tidak memakan lima alium.

2.”Ovo vegetarian”:
Selain vegetarian atau vegan, pada saat bersamaan produk yang mengandung bahan telur, tidak memakan susu atau produk susu.

3.”Lacto vegetarian”:
Selain vegetarian atau vegan, pada saat bersamaan produk yang mengandung susu, tidak mengandung telur atau produk telur.

4. “Lacto-ovo vegetarian”:
Selain vegetarian atau vegan, juga menerima produk yang mengandung telur dan susu.

5.”Vegetarian lima alium nabati (daun bawang, bawang putih, bawang prei, bawang shallot (bawang kecil) dan bawang hingu (bawang bombai))”:
Maksudnya memakan makanan nabati murni vegetarian atau vegan, namun boleh mengandung lima alium atau susu, telur.

Demi menghormati vegetarian, agar para vegetarian merasa tentram, menikmati layanan kehormatan yang sama rata dengan non-vegetarian, dan bukan merupakan layanan tambahan di bawah makanan hewani, unit Anda diharapkan:
1.Peralatan panci untuk masak, pisau yang digunakan, papan talenan, peralatan makanan, dan sebagainya…dipisahkan dengan makanan hewani.

2.Seharusnya pada bagian depan setiap menu diberi tanda apakah boleh dimakan bagi lacto vegetarian atau ovo vegetarian, dengan demikian, tidak perlu berulang kali mencari staf layanan untuk memastikan apakah para vegetarian boleh memakannya, dan menyebabkan kesulitan dan ketidaknyamanan bagi sesama.
 3.Bila ada area makanan yang diambil sendiri, juga silahkan memberi tanda “Area khusus vegetarian” untuk mempermudah para vegetarian untuk mengambilnya.

Disarankan pada situs hotel, motel Anda, mengumumkan info layanan “Makanan vegetarian” yang bisa disediakan, agar konsumen vegetarian memiliki lebih banyak info dan pilihan.

Berbagi resep vegetarian yang sederhana dan istimewa: